Pengertian phising ? Baca Bagi yang Belum Ngerti

Desember 05, 2017
Pengertian Phising


Phising adalah cara untuk mencoba mendapatkan informasi seperti username, password, dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik. Komunikasi yang mengaku berasal dari populer situs web sosial, situs lelang, prosesor pembayaran online atau IT administrator biasanya digunakan untuk memikat publik tidak curiga. Phising biasanya dilakukan melalui e-mail spoofing atau pesan instan, dan sering mengarahkan pengguna untuk memasukkan rincian di sebuah website palsu yang tampilan dan nuansa yang hampir sama dengan yang aslinya. 



Pengertian Phising Dan Cara Kerjanya ~ Istilah phising dalam dunia internet sangat sering di ungkapakan. Biasanya ketika mendengar istilah phising, seketika itu juga orang biasanya langsung menganggap phising adalah salah satu bentuk kejahatan di internet.
Ya, benar.. phising merupakan salah satu tindakan kriminal (cyber crime) yang di lakukan melalui teknologi komputer dan internet. Untuk lebih jelasnya, berikut akan di paparkan apa itu phising dan bagaimana cara kerjanya.
Phising artinya adalah “pengelabuan” yang merupakan suatu bentuk kejahatan yang biasanya di lakukan untuk mendapatkan informasi rahasia, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik, baik itu melalui email, pesan instan, hingga penyebaran link palsu di internet untuk mengarahkan korban ke situs yang telah di rancang untuk menipu pengguna.
Istilah phising sendiri di dapat dari bahasa inggris yang artinya “memancing”. Dalam hal ini artinya pelaku berusaha dengan berbagai cara memancing korban agar tertipu dan berhasil di kelabui guna mendapatkan informasi rahasia seperti kata sandi dan kartu kredit.
Dengan berhasilnya pelaku memancing dan mengelabui korban, maka informasi rahasia yang di dapat akan di salah gunakan. Kejahatan carding-pun sering terjadi, seperti pembobolan kartu kredit orang lain, dan membongkar informasi rahasia.

Cara Kerja Phising

Phising dibuat pelaku dengan beragam cara. Salah satunya dengan deface, misalanya dengan mengubah tampilan internet banking yang di buat mirip atau persis sama dengan situs resminya. Seperti kasus cyber crime klikbca.com beberapa waktu lalu. Pelaku membuat nama domain persis sama dengan situs resmi www.klikbca.com dengan beberapa domain seperti berikut.
wwwklikbca.com
kilkbca.com,
clikbca.com,
klickbca.com
klik bac.com
Sekilas anda lihat nama kelima domain diatas hampir sama dengan www.klikbca.com. Tujuannya tentu saja untuk mengelabui pengguna internet banking BCA demi mencuri data rahasia, dan kemudian menggunakannya untuk membobol dana nasabah demi keuntungan pribadi.
Sebenarnya kasus phising ada marak di internet, termasuk banyaknya link atau url spam yang sering kali di gunakan sebagai pencingan untuk kejahatan. Misalnya dengna membuat gambar atau video porno yang apabila anda klik akan mengarah ke situs lain yang sengaja di rancang oleh pelaku.
Cara Mencegah Terjadinya Phising
Untuk mencegah terjadinya phising ada beberpa tips yang bisa anda ikuti seperti di jelaskan berikut ini.
1. Saat membuka situs, perhatikan dengan seksama penggunaan nama domain apakah menggunakan alamat resmi atau palsu.
2. Jangan pernah mengklik url sembarangan, khususnya pada situs-situs ilegal.
3. Berbelanjalah hanya pada situs terpercaya, dan pada pemilik toko online yang anda kenal memiliki integritas. Online shopping seringkali dibuat sebagai wadah untuk minipu.
4. Saat anda menggunakan komputer publik, jangan tinggalkan komputer sebelum log out khususnya bil anda login ke situs-situs penting, dan hapus jgua semua history yang ada di browser.
5. Jangan percaya pada email mencurigakan yang kerap di kirim secara berkala ke alamat email anda.
6. Pasang antimalware atau antivirus untuk melindungi dan mendeteksi bilamana ada serangan dari malware berbahaya.
7. Hidupkan fitur firewall untuk memblok situs yang di curigai sebagai situs ilegal. Firewall sendiri bisa di katakan sebagai dinding pembatas yang akan membiarkan sesuatu masuk ke dalam komptuer jika ia anggap bersifat baik, dan bilamana dicurigai akan segera di blok.
8. Terakhir tetap berhati-hati dan peka terhadap kejahatan di internet yang semakin berkembang dan marak terjadi.
Demikianlah pengertian phising dan cara kerjanya, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔