Apa itu Google Adsense?

Desember 01, 2017
Google Adsense adalah sebuah jaringan pengiklan di Internet yang bekerja sebagai pihak ke-3 (third party) untuk menghubungkan antara pengiklan/advertiser dengan penerbit/publisher. 

Dalam pandangan orang biasa seperti saya, manfaat utama Google Adsense adalah sebuah cara untuk dapat menghasilkan uang dari Internet.

[​IMG]

Sejarah singkat Google Adsense
Program AdSense didirikan setelah Google mengakuisisi Pyra Labs pada bulan Februari 2003. Sebulan berikutnya tepatnya pada tanggal 4 Maret 2003, Chairman Google dan CEO, Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut AdSense. Untuk mendukung program adsense, pada 23 April 2003 atau sebulan kemudian google mengakuisisi Applied Semantics yang teknologinya mendukung layanan AdSense.

Sejak AdSense didirikan, unit AdSense for Content hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa negara-negara di Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, serta satu negara Asia Tenggara yaitu bahasa Thailand. Namun akhirnya pada tanggal 1 Februari 2012 Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit iklan AdSense for Content, setelah sebelumnya bahasa Indonesia hanya didukung untuk unit AdSense for Search saja. Kini AdSense for Content mendukung 36 bahasa negara di dunia.

Pada tanggal 7 November 2012 Google mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan AdSense bagi publisher baru yang mendaftar AdSense melalui mitra host, artinya pendaftar baru yang mendaftar AdSense melalui Youtube, Blogger dan Hubpages. Sejak saat itu akun AdSense dibedakan menjadi dua macam, yaitu akun AdSense hosted dan akun AdSense non hosted. Berdasarkan catatan resmi Google, jumlah publisher AdSense kini mencapai lebih dari 2 juta publisher di seluruh dunia

Bagaimana mekanisme kerja Google Adsense?
Di dalam Google Adsense, ada 4 komponen, yakni Advertiser (Pengiklan), Publisher (Penayang), Google Adsense (Sebagai pihak ke-3) dan Audience (Hadirin atau target iklan)

Karena disini kita akan mempelajari bagaimana cara menghasilkan uang dari Google Adsense, saya akan mencoba menjelaskan mekanisme kerja bagaimana Google Adsense bisa menjadi sumber penghasilan, berikut penjelasannya:

Ketika Anda sudah menjadi publisher (setelah mendaftar) Google Adsense, Anda akan diminta untuk menayangkan iklan mereka, dan ketika ada orang lain yang melihat iklan dan mengklik iklan Anda, Anda akan mendapatkan komisi, alias penghasilan dari setiap klik yang terjadi.



Misalkan ketika Anda memasang iklan Google Adsense, akan ada 1,000 orang yang akan melihat iklan tersebut, dan akan ada 100 orang yang mengklik iklan, kemudian Google akan menghargai setiap iklan seharga Rp.400, maka Anda akan mendapatkan uang 40,000 IDR.



Nominal itu didapat dari harga per iklan dikali banyaknya klik yang terjadi, yakni Rp.400 (harga untuk setiap klik yang terjadi pada iklan), karena ada 100 orang yang mengklik iklan, maka Anda akan mendapatkan 400x100= Rp. 40,000. Bisnis yang cukup menjanjikan bukan?

Lalu, dimana saya menayangkan iklan Google Adsense? Silahkan baca poin berikutnya:
Apa saja yang diperlukan untuk dapat mendapatkan uang dari Google Adsense?
Untuk dapat menghasilkan uang dari Google Adsense, Anda harus memiliki salah satu dari persyaratan yang berikut ini untuk dapat menayangkan iklan Google Adsense, diantaranya:

#1. Blog
Salah satu cara untuk dapat mendapatkan uang dari Google Adsense adalah dengan memiliki sebuah blog. Jika misalkan Anda tidak memiliki sebuah blog, Anda dapat membuat blog secara gratisan di blogger.com.
Tidak ada biaya yang diperlukan untuk dapat membuat sebuah blog, hanya dengan bermodalkan sebuah akun Gmail, Anda sudah dapat memulai menjalankan blog.

#2. Channel YouTube
Dengan mengupload video di YouTube, Anda juga berpeluang untuk dapat menghasilkan uang dari Google Adsense. Namun sebelum Anda dapat menghasilkan uang, Anda harus membuat channel YouTube Anda seramai mungkin dilihat oleh orang lain.
Sama seperti halnya membuat blog, tidak ada biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah channel YouTube, Anda hanya perlu bermodalkan akun Gmail untuk dapat membuat channel YouTube.

#3. Membuat aplikasi Smartphone (Android atau iOS)
Berbeda dengan dua metode diatas yang dapat dilakukan tanpa perlu memerlukan pengetahuan atau keahlian khusus, metode yang satu ini barangkali hanya dapat dilakukan bagi Anda yang jago dalam hal programming.
jika Anda memiliki keahlian dalam hal programming dan mampu untuk membuat sebuah aplikasi Android, Anda dapat menjadikan aplikasi tersebut sebagai sebuah sumber penghasilan.

Dengan menjualnya?

Bukan, Anda akan menjadi publisher sekaligus developer aplikasi tersebut dan menayangkan iklan Google Adsense sebagai cara untuk dapat menghasilkan uang, dengan Anda dapat mengelola sepenuhnya aplikasi yang Anda buat dan mendapatkan uang dari aplikasi tersebut.

Setelah saya memiliki salah satu dari hal diatas, bagaimana cara saya menghasilkan uang dari Google Adsense?
Setelah Anda memiliki salah satu dari hal diatas, Anda dapat mendaftarkan blog, channel YouTube, atau aplikasi Android Anda ke Google Adsense.

Sebelum mendaftar, Anda harus berusia lebih dari 18 tahun untuk dapat bekerja sama dengan Google Adsense untuk dapat menghasilkan uang, usia ini diambil dari data akun gmail Anda (pada saat pertama kali Anda membuat akun Gmail, Anda diminta menuliskan tanggal lahir). 

# Mendapatkan uang dari Blog dengan Google Adsense
Untuk dapat menghasilkan uang dari Google Adsense, Anda wajib untuk memiliki sebuah blog.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus membuat blog Anda menjadi ramai pengunjung, karena semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda, semakin besar pendapatan yang Anda dapat.

Jika Anda sudah memiliki sebuah blog, memiliki banyak artikel/postingan, dan ramai pengunjung, Anda dapat langsung mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense dan mulai menghasilkan penghasilan dari blog Anda. 

Namun perlu dicatat, Google Adsense tidak menerima semua blog, hanya blog blog yang memiliki konten berkualitas sajalah yang akan dapat menghasilkan penghasilan dari Google Adsense. Jika Anda sudah membuat blog dengan konten yang berkualitas, dipastikan blog Anda akan dapat menghasilkan uang dengan menggunakan Google Adsense.
Ketika blog Anda sudah diterima menjadi publisher Google Adsense, Anda dapat mulai membuat unik iklan dan menempatkan iklan di blog Anda, dan inilah yang akan menjadi sumber penghasilan Anda, dimana semakin banyak pengunjung yang mengklik iklan yang Anda pasang, semakin besar penghasilan yang Anda dapat.


# Mendapatkan uang dari YouTube dengan Google Adsense
Cara lainnya untuk dapat menghasilkan uang dari Google Adsense adalah dengan menggunakan YouTube.

Untuk dapat menghasilkan uang dari Google Adsense, Anda harus membuka sebuah channel di YouTube dan mulai mengupload video. Video yang diupload tidak boleh mengandung unsur kekerasan, sara, dan mesum, karena video video seperti itu tidak dapat dijadikan sebagai bahan untuk dapat menghasilkan uang di YouTube.

Buatlah channel YouTube Anda sebanyak mungkin memiliki viewer (penonton), caranya, upload sebanyak mungkin video, dengan begitu, sedikit demi sedikit viewer Anda akan mulai meningkat.

Jika Anda sudah siap, Anda dapat mendaftarkan channel YouTube Anda ke Google Adsense
Anda akan mulai mendapatkan penghasilan ketika Anda sudah mulai menayangkan iklan Adsense, iklan itulah yang akan menjadi sumber penghasilan Anda, semakin banyak viewer yang mengklik iklan, semakin banyak pula penghasilan yang Anda.

# Mendapatkan uang dari aplikasi smartphone dengan Google Adsense
Untuk dapat menghasilkan uang dari aplikasi smartphone, Anda harus memiliki aplikasi yang menarik untuk dimainkan dan memiliki peluang untuk dapat bersaing dengan ribuan publisher aplikasi smartphone lainnya, baik itu Android ataupun iOS.
Setelah Anda memiliki aplikasi smartphone yang menarik, Anda dapat mengupload aplikasi Anda di Google Play. Setelah itu, silahkan mendaftar menjadi publisher AdMob dan kaitkan akun Admob Anda dengan Google Adsense.




Admob adalah sebuah program pengiklan sama seperti halnya Google Adsense, hanya saja iklan admob dikhususkan tampil hanya di perangkat mobile, baik itu Android, iOS, dan platform mobile lainnya.

Jika Anda sudah mendaftar menjadi publisher Admob dan Google Adsense, sebuah iklan akan mulai tayang di aplikasi Anda, dan inilah yang akan dapat menjadi sumber penghasilan Anda, dimana semakin banyak pengguna yang mengklik iklan tersebut, semakin banyak pula penghasilan yang Anda dapat.

Bagaimana sih contoh iklan Adsense?
Rasanya gak enak jika daritadi ngomong tapi sampai titik ini belum menunjukan penampakan iklan Google Adsense. Nah, kali ini saya akan menunjukan bagaimana contoh dari salah satu iklan Adsense.
Banner seperti diatas yang berisi label "Ads by Google" inilah yang disebut dengan iklan Google Adsense. Jika Anda memiliki blog atau channel YouTube, banner seperti inilah yang akan ditampilkan dan iklan seperti inilah yang akan menjadi sumber penghasilan Anda, dimana semakin banyak orang yang mengklik iklan tersebut, semakin banyak pula penghasilan yang didapat.


Kalau di Smartphone, iklannya juga sama, berisi label "Ads by Google", hanya saja, jika di smartphone iklannya lebih terkesan lebih kecil, mengingat tampilan mobile yang memang lebih kecil jika dibandingkan PC.
Berapa banyak uang yang saya dapatkan dari Google Adsense?
Tergantung dari seberaba besar usaha Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin menghasilkan uang dari sebuah blog, Anda harus membuat pengunjung blog tersebut ramai pengunjung, semakin ramai blog, semakin banyak pula penghasilan yang didapat, begitu pula dengan YouTube dan aplikasi smartphone.

Namun jika Anda ingin yang lebih jelas, silahkan baca penjelasan berikut:

Setelah Anda menjadi publisher Google Adsense dan mulai menayangkan iklan (di Blog/YouTube/Smartphone), Anda akan dibayar sesuai banyaknya klik yang terjadi pada iklan, semakin banyak klik, semakin banyak pula penghasilan yang didapat.

Biasanya, setiap klik yang terjadi pada iklan akan dihargai seharga Rp.400-Rp.1000.

Dengan kata lain, jika ada 1 pengguna mengklik iklan Anda, Anda akan mendapatkan uang sebesar Rp.1000. Itupun hanya 1 orang, bagaimana jika 1000 orang? Bayangkan, seberapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan untuk bisnis yang dapat dikatakan tidak memerlukan modal sepeserpun ini.

Bagaimana cara saya mencairkan saldo Google Adsense agar uang dapat jatuh ke tangan saya?
Untuk dapat mencairkan pendapatan dari Google Adsense, Anda baru bisa melakukannya ketika saldo sudah mencapai nominal $100 atau setara dengan 1,3 juta rupiah. Jika nominal tersebut sudah terpenuhi, Anda dapat mencairkan penghasilan Anda dengan mengirimkan uangnya ke rekening bank Anda.

Selain melalui rekening bank, Anda dapat mencairkan pendapatan Google Adsense melalui Western Union dan Cek.

Berapa banyak penghasilan yang saya dapat dapatkan dari Google Adsense?
Jika ditanya, saya baru kurang lebih 1 tahun berkecimbung dalam bidang Internet Marketing dengan menggunakan Google Adsense sebagai me-monetize. Dalam hal ini, saya memasang iklan Google Adsense di Blog.

Dan syukurlah, per harinya, saya berhasil mendapatkan $2-$3 atau setara dengan Rp.24,000 sampai dengan 36,000 per harinya dari blog yang saya kelola. Berikut screenshootnya:




[​IMG]

Tidak ada modal yang diperlukan untuk mulai berkecimbung di dunia Google Adsense, hanya dengan bermodalkan sebuah laptop/PC dan koneksi Internet, Anda sudah dapat menghasilkan penghasilan dari Google Adsense, baik itu dengan Blog, YouTube, ataupun aplikasi smartphone.

Penghasilan yang saya dapat ini masih tergolong dalam kategori "kecil", karena saya sendiri cukup malas dan jarang update di blog, selian itu, saya sendiri masihlah seorang newbie, percaya atau tidak, orang orang yang sudah terlebih dahulu berkecimbung dalam Internet Marketing bahkan sudah dapat menghasilkan hingga 3 digit dalam mata uang dollar.

Penutup
Intinya, secara sederhana Google Adsense adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk dapat menghasilkan uang dari Internet. Sudah ada ratusan, bahkan ribuan orang Indonesia yang memanfaatkan Google Adsense sebagai profesi utamanya, mengingat peluang lapangan pekerjaan di dunia nyata (pekerjaan fisik) terbilang susah untuk didapatkan, ini dapat Anda jadikan cara alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari Internet. 



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔