Efek Dari Sering Tidur Malam Bagi Remaja !

Desember 03, 2017

Bahaya Tidur Terlalu Malam Diatas Jam 23.00


beberapa sumber menyebutkan, bahwa tidur terlalu malam ataupun kekurangan tidur bisa menjadi penyebab kematian mendadak.

Sehingga, masalah kurang tidur di malam hari (karena bagadang) merupakan masalah serius yang dampaknya tidak bisa disepelekan.

Berbagai kegatan rutin yang dilakukan, jangan sampai membuat kita tidur terlalu malam, bak itu tugas kuliah, kerjaan yang padat, atau bahkan nonton serial drama televisi dan game online, jangan sampai ini semua membuat kita melupakan waktu tidur.



Bahaya tidur terlalu malam

#Konsentrasi Berkurang
Tidur malam yang dilakukan dengan baik dan tepat waktu, memiliki manfaat penting dalam mengoptimalkan memori dalam pikiran, yang membantu dalam berkonsentrasi.

Sehingga sering tidur larut malam (yang berimbas pada kurang tidur ataupun bangun kesiangan) berakibat pada penurunan drastis tingkat konsentrasi, penurunan keampuan menalar, penurunan kewaspadaan, penurunan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Masalah-masalah tersebut akhirnya menjadikan proses belajar menjadi lebih sulitm dan aktivitas secara umum akan terganggu.

Jika seseorang kekurangan tidur maka akan mengalami kesulitan dalam mengingat hal-hal yang sebenarnya sudah sering  alami pada siang hari.

Masalah dapat semakin parah jika melakukan hal-hal buruk, seperti meletakkan HP di bawah bantal saat tidur, lampu tetap menyala saat tidur, dsb.


#Jam biologis tubuh terganggu
Jam biologis tubuh bisa dikatakan “tugas otak” dalam mengatur selera makan, jadwal tidur, dan suasana hati (mood) seseorang.

Akibat sering tidur larut malam, mengakibatkan otak kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol semua hal tersebut, sehingga jam biologis menjadi kacau, yang bisa berfek buruk pada kondisi fisik serta mental.

#Insomnia
Sering tidur diatas jam 11 malam, membuat seseorang rentan menderita insomnia, yang terjad dalam jangka sangat lama.

Akibat yang dirasakan yaitu tubuh merasa tetap bugar meskipun sudah lewat tengah malam, maka ini adalah hal yang buruk.

Yang akhirnya berakibat tubuh menjadi lemas saat bangun di keesokan harinya.

#Obesitas
Hormon pengendali nafsu makan bisa bermasalah akibat tidur terlalu malam, selain itu tidur terlambat tentunya akan meningkatkan keinginan untuk ngemil...

...dimana kebiasaan ngemil di malam hari kurang menyehatkan.

Orang yang sering tidur larut malam, bukan hanya nafsu makannya saja yang terangsang, selain itu muncul hasrat berlebihan untuk menyantap berbagai jenis makanan, yang tidak bisa dikontrol, utamanya makanan tinggi lemak atau tinggi kabohidrat.

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2004, menemukan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam cenderung menjadi lebih gemuk bahkan obesitas, dibandingkan orang-orang yang tidur cukup (dan tidur tepat waktu).

#Menurunkan gairah seksual
Tingkat libido dan gairah seksual pada pria maupun wanita dapat menurun karena jadwal tidur yang tidak baik, atau karena tidur yang terlalu malam...

...karena energi menjadi terkuras dan tensi darah mereka meningkat.

Sebuah penelitian yang dirilis di Journal of Clinical Endocrinology & Metablolism, menemukan hasil  bahwa kaum pria yang menderita masalah pernapasan sehingga tidurnya terganggu (sleep apnea), kadar testosteronnya rendah pada malam hari...

...dimana kadar testosteron memiliki peran dalam mendorong libido seks seseorang.

Para ahli juga banyak yang mengatakan bahwa pria maupun wanita yang sulit tidur memiliki tingkat libido yang sangat rendah, yang cenderung mengurangi gairah seks.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔