Apa itu soundcloud ?

November 09, 2017
Apa itu soundcloud?

Mungkin sebagian besar dari anda sudah mengetahui apa itu soundcloud, dan bagi yang belum mengetahui apa itu soundclod, disini saya akan berbagi sedikit mengenai jejaring sosial Soundcloud yang berbasis music. Jejaring sosial ini lebih mengkhusukan diri pada fitur berbagi konten berbasis Audio. Kita bisa berbagi suara yang kita share dan dapat dinikmati oleh para pengguna souncloud di seluruh dunia, dan kita bisa mendapatkan respons langsung dari para pendengar, bisa dengan cara men ‘like’ ataupun langsung berkomentar dan dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada para penggunannya.




Pada saat ini jejaring sosial yang didirikan pada 2007 itu tengah marak di Eropa dan Amerika,walaupun di Indonesia baru satu tahun terakir Soundcloud mulai digunakan dan digandrungi olehpara penggunannya. Pertumbuhan Soundcloud termasuk sangat cepat karena saat ini tercatat sekitar 1juta pengguna baru perbulan dengan total 14 juta pengguna yang sudah terdaftar.

Siapakah pendirinya?

SoundCloud pada awalnya di StockholmSwedia, namun didirikan di BerlinJerman pada bulan Agustus, 2007 oleh desainer suara Alexander Ljung dan musisi Eric Wahlforss. Yang melatar belakangi CEO Alexander ljung dan Eric Wahlforss menciplakan jejaring sosial ini dikarenakan suara dipercaya memiliki kekuatan yang besar dan merupakan hal yang mampu di konsumsi secara pararel. Orang-orang menghabiskan waktu lebih banyak mendengarkan suara ketimbang menonton video. Oleh karena itulah mereka mengembangkan aplikasi jejaring sosial ini kepada masyarak di seluruh dunia.

Apa yang membedakannya dengan jejaring sosial berbasis music yang lain?

            Jika kita perbandingkan dengan jejaring sosial lain yang sama-sama lebih memfokuskan untuk konten berbasis audio,pasti aka nada perbedaan. Jejaring sosial yang sama-sama berbasis music adalah MySpace yang sudah sangat terkenal dan menjadi tempat berkumpulnya para musisi-musisi besar dunia. Salah satu perbedaannya adalah lagu di soundclouad dapat dilekatkan di situs manapun dan tidak ada batas ukuran file. Para fans atau user juga dapat berkomentar di bagian specific dari rekaman tersebut.


           Band pun dapat menyebar luaskan lagu kepada public atau akun tertentu dengan kata lain soundcloud mempunyai fitur yang tidak kaku. SoundCloud juga lebih atraktif karena memungkinkan para user meng-upload musik mereka dengan URL khusus fan dan berbeda dalam hitungan menit, berbeda dengan MySpace, yang hanya memposting musik di situs MySpace. Dengan membiarkan file suara yang akan tertanam di mana saja, Kemudian dikarenakan Souncloud telah bekerja sama dengan twitter, maka band atau penyanyi dapat membentuk koneksi langsung dengan fans lebih banyak disbanding dengan MySpace. Dengan menggunakan soundcloud, mereka tidak harus masuk kedalam website soundcloud untuk mendengarkan atau menyeberkan lagu mereka,dikarenakan fitur soundcloud yang lebih fleksibel yaitu bisa dengan ditaruh di dalam situs atau blog kita yaitu dengan memasang widget tertentu. Namun ini kembali kepada para penggunannya masing-masing karena mungkin sudah ada yang terbiasa ataupun mengganggap lebih baik menggunakan jejaring sosial berbasis Audio yang lainnya.

Fitur apa yang ada didalamnya ?

         Fitur yang ditawarkan oleh jejaring sosial ini kita bisa mem-follow pengguna lainnya untuk saling berinteraksi atau berbagi dan mengikuti perkembangan yang ada. Kita bisa mengunggah hasil karya kita dan bisa diatur agar dapat dimainkan atau diunduh oleh pengguna lain. Dan berlaku sebaliknya yaitu kita bisa mengunduh atau mendengarkan lalu kita bisa memberikan respon terhadap karya para pengguna soundcloud. Dan ada ftur yang dapat memberitahukan berapa orang yang telah mendengarkan,mengunggah,dan mem-follow akun kita. Serta terdapat fasilitas berupa tautan untuk berbagi ke jejaring sosial lainnya seperti Foursquare,Facebook,Twitter,dan Tumblr. Dan aplikasi souncloud sudah tersedia banyak untuk smartphone baik berbasis Blackberry,Iphone, atau Android.


Kita dapat mengidit semua rincian dilakukan dalam satu halaman selama upload ,informasi semua track,deskirpsi,tag,dan pengaturan dapat dilakukan dengan mudah. Meskipun pilihan playlist terbaru aktif secara default, tetapi jika pengguna tidak ingin mengelompokkan lagu yang ada, pengguna dapat menghilangkan centang pada pilihan “Make a playlist when uploading multiple sounds”.

keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan soundcloud

          Pasti banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menggunakan aplikasi jejaring sosial ini. Selain untuk bersenang-senang jika dilihat dari sisi musikalitasnya untuk anda yang mempunyai bakat menyanyi ataupun yang memiliki band, maka bisa menggunakan Soundcloud ini untuk ajang promosi dan membaginya kesemua pengguna souncloud secara gratis, dan tidak hanya karya kita dapat didengarkan oleh orang banya,tetapi kita juga bisa mendapatkan feedback langsung dari para pendengar baik itu berupa kritikan ataupun masukkan yang membangun agar kita bisa memperbaiki apa yang kurang dari karya-karya yang telah kita upload.
            Jika kita mempunyai idola baik itu pemusik ataupun penyanyi,kita bisa langsung mendengarkan apa yang mereka upload. Karena sudah banyak sekali para penyanyi yang mempunyai akun soundcloud untuk meng-upload hasil karya ataupun eksperimen mereka untuk diperdengarkan kepada para fans nya. Dan kita bisa mengunduhnya,ataupun jika kita hanya membukanya untuk didengarkan bisa lebih cepat karena hanya berbentuk audio. Dan yang terpenting adalah SounCloud gratis dan tidak mengandung iklan yang dapat mengganggu ataupun mengurangi kenyamanan kita dalam memakai jejaring sosial tersebut.

Follow Soundcloud admin ya @dery sadega.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔